RESEP IKAN KEMBUNG SEDERHANA

Hi Girls! 

Hari ini saya mau berbagi resep makanan lagi. Setelah hampir 4 tahun hidup di ibukota Jakarta, di semester terakhir ini akhirnya saya mulai mau belajar masak. Ternyata memasak itu nggak sesulit yang saya pikirkan sewaktu dulu, kalau mau belajar dan langsung dipraktekan... ya Insya Allah tetap bisa masak kok, hehehee. 

Ini adalah pertama kalinya saya mencoba memasak ikan, meskipun sebelumnya  saya pernah memasak sup dan ikan tongkol.., tapi kali ini cukup berbeda. Saya ingin belajar menggoreng ikan, hehehe... (maklum dari dulu saya takut kena cipratan minyak kalau masak ikan).

Hal ini adalah sesuatu yang baru bagi saya, meskipun tampaknya saya kelihatan bodoh tapi ya saya harus mengakui kebenaran itu dan belajar menghadapi kenyataan perih (usia 20+) hehehe, apa kata dunia? eh salah, apa kata calon mertua nanti? (btw skip aja pertanyaan ini, takut ada yang baper nanti).

Alasan masak ikan?

Ide masak ini termotivasi dari keinginan makan ikan, dimana sebelumnya hampir seminggu terakhir saya selalu memesan makanan di rumah makan khas Gorontalo pada review sebelumnya REVIEW: IKAN OCI BAKAR - OLAMITA. Keinginan inilah yang memberanikan diri saya untuk mencoba masak ikan, jadi kali ini saya akan memberikan resep ikan kembung sederhana.

Apa saja yang dibutuhkan?



- Ikan kembung 
- Bumbu (bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe hijau, tomat)
- Daun salam
- Penyedap rasa (gula, garam, lada, masako)


Cara masak

- Bersihkan ikan, taburkan garam dan jeruk nipis lalu tunggu beberapa menit
- Kemudian, goreng ikan dengan api kecil
- Siapkan bumbu, lalu iris tipis-tipis
- Tiriskan ikan yang telah di goreng
- Kemudian, tumis bumbu sampai wangi
- Tambahkan air sedikit agar tampak seperti sambal
- Masukkan penyedap rasa secukupnya
- Lalu, masukkan ikan yang telah di goreng kedalam sambal yang telah dibuat
- Matikan kompor, lalu siapkan di piring.
- Ikan kembung sederhana siap dimakan.



1 comment:

  1. simple...dan sepertinya weunaaak.
    nanti dicoba deh.
    Thank you resepnya

    ReplyDelete

Ayo bertanya