KAMPUS TERTUA DI DUNIA



Tahukah kamu kalau beberapa perguruan tinggi yang ada sampai saat ini telah ada dari ratusan bahkan ribuan tahun yang lalu? selama berabad-abad, ada banyak sekali kampus tua yang hancur terpecah belah menjadi institusi yang berbeda-beda. Kampus yang masih tegak berdiri sampai saat ini tentu membuktikan diri kalau mereka bisa beradaptasi dengan modernitas.

Beberapa kampus tertua memang terletak di Eropa, sebagian lain di Afrika. Hal ini membuktikan kalau kajian ilmu pengetahuan disana sudah berkembang lebih dulu dibanding di Asia. 

Lalu, apakah ada diantara kampus tua ini yang menjadi destinasi studi favoritmu?




8 kampus tertua di dunia!

1. University of Padua, Italia (1222 Masehi)

University of Padua (ItaliaUniversità degli Studi di Padova) adalah universitas di Italia yang terletak di kota Padua, Italia. Universitas ini didirikan apada tahun 1222 masehi sebagai sekolah hukum.  Pada tahun 2010 universitas ini memiliki sekitar 65.000 siswa, kemudian pada tahun 206 menduduki peringkat “universitas terabaik” diantara lembaga pendidikan tinggi Italia dengan lebih dari 40.000 siswa, serta pada tahun 2018 menjadi universitas Italia terbaik menurut peringkat ARWU.

2. University of Cambridge, Inggris (1209 Masehi)


University of Cambridge/ Cambrige University adalah universitas dengan persyaratan masuk paling ketat di Britania Raya, dan salah satu yang paling ketat di dunia. Universitas ini didirikan sekitar tahun 1209 masehi. Berdasarkan sejarah, universitas ini telah menghasilkan sejumlah ilmuwan, penulis, dan politisi Britania yang terkenal.

3. University of Paris, Prancis (1160-1250 Masehi)


University of Paris (Prancis: Université de Paris) pertama kali muncul pada pertengahan kedua abad ke-12, tetapi pada tahun 1970 diatur kembali sebagai 13 universitas otonomi (University of Pars I-XIII). Dari ke-13 universitas ini, 4 universitas pertamanya terletak di Sorbonne, dan 3 diantaranya menggunakan nama Sorbonne. Universitas ini tetap menjadi salah satu universitas paling terkenal dan prestisius  di dunia, dan telah menciptakan banyak pemenang penghargaan nobel.

 4. University of Salamanca, Spanyol (1134 Masehi)


University of Salamanca (Spanyol: Universidad de Salamanca) adalah sebuah lembaga pendidikan tinggi Spanyol, yang terletak di kota Salamanca, sebelah barat Madrid. Saat ini, Universitas Salamanca adalah pusat penting untuk studi humaniora dan terkenal untuk studi bahasanya, serta dalam hukum dan ekonomi.

5. Oxford University, Inggris (1096 Masehi)


Oxford University adalah perguruan tinggi tertua yang berlokasi di kota Oxford, Inggris. Universitas ini secara rutin bersaing dengan University of Cambridge untuk menduduki posisi pertama dalam peringkat universitas di Britania Raya, dan merupakan salah satu dari dua universitas dengan program pascasarjana paling bergengsi.

6. University of Bologna, Italia (1088 Masehi)


University of Bologna (Italia: Alma Mater Studiorum Università di Bologna) adalah sebuah universitas tertua di Eropa dan Italia. Universitas ini memiliki 13 museum.

7. Al-Azhar University, Mesir (970 Masehi)


Al-Azhar University (Arab: جامعة الأزهر الشريف ) adalah salah satu pusat utama pendidikan sastra Arab dan pengkajian Islam Sunni di dunia. Saat ini, misi universitas adalah penyebaran agama dan budaya Islam.

8. University of Al-Karaouine, Maroko (859 Masehi)


University of Al-Karaouine (Arab: جامعة القرويين ) adalah universitas pertama di dunia yang berlokasi di Fes, Maroko. Universitas ini telah menjadi salah satu pusat spiritual dan pendidikan terkemuka dari dunia Muslim.


6 comments:

Ayo bertanya