6 NUTRISI YANG HILANG SAAT DIET





Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan, bisa dengan berolahrga, diet maupun menggabungkan keduanya. Sebagian besar orang akan memilih untuk mencoba diet. Namun, diet yang salah justru akan membuat tubuh kehilangan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.


Sebagian besar orang melakukan diet tetapi melupakan beberapa nutrisi penting yang seharusnya dimasukkan dalam pola makan. Meski demikian, banyak yang tidak menyadari efek langsungnya, dan ini dapat mempengaruhi kesehatan tulang, otak, dan menurunkan energi. Dilansir dari beberapa sumber terpercaya, bahwa berikut adalah 6 nutrisi yang mungkin hilang saat melakukan diet.

1. Vitamin yang larut dalam lemak dan asam lemak



Vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, D, E dan K akan membantu menurunkan berat badan. Asam lemak omega-3 juga akan larut dalam lemak. Vitamin dan asam lemak omega-3 ini akan meningkatkan proses penurunan berat badan karena keduanya adalah asam lemak tak jenuh tunggal. 


Lantas, makanan apa saja sih yang larut dalam lemak? Tambahkan dalam menu anda; kacang, alpukat, dan salmon.


2. Vitamin C



Vitamin C sangat membantu tubuh daln menyerap zat besi. Selain itu vitamin C juga sebagai antioksidan yang membantu berfungsinya sel. Vitamin C membantu tubuh untuk metabolisme lemak dan kekurangan vitamin. 


Jadi, coba tambahkan makanan kaya akan vitamin C ke dalam menu makanan anda sehari-hari seperti paprika, jeruk, raspberry, stroberi, dan cranberry.


3. Vitamin B6



Vitamin B6 merupakan vitamin yang membantu mengubah makanan menjadi energi. Nutrisi ini akan membantu memproduksi serotonin dan neurotransmitter yang dapat mengatur suasana hati anda. Jika serotonin dalam tubuh rendah, akan mengarah pada keinginan makanan yang tidak sehat dan akan merasa tertekan. Sehingga, untuk menjaga serotonin tetap stabil, anda bisa mengkonsumsi oat, lentil maupun kacang.


4. Kalsium



Mengkonsumsi kalsium mampu membantu menurunkan berat badan. Selain iu, dapat mempertahankan berat badan anda agar tetap stabil. Para peneliti meyakini bahwa mineral ini akan membantu sel-sel metabolisme mencapai potensi terbaik. Tubuh anda dapat mencerna makanan dan menyerap nutrisi lebih baik. Otot-otot akan bekerja lebih keras saat berolahraga. 


Selain susu, tahu, keju, panner dan plain curd juga dapat memenuhi kebutuhan kalsium tubuh. 

5. Magnesium



Mineral yang satu ini sering dilewatkan ketika melakukan diet. Magnesium ini membantu menurunkan berat badan dalam dua cara. Cara yang pertama adalah mencegah kembung dan menjaga pencernaan sesuai jadwal anda. Cara kedua adalah dengan membangun otot tubuh. Ketika anda berolahraga, lemak akan terbakar dan magnesium akan mengubahnya menjadi otot.


Sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, tahu, ikan, dan yogurt bisa ditambahkan ke dalam menu makan anda.


6. Zinc



Dari sebuah ulasan yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, makanan kaya akan zinc mengandung protein tinggi. Ini akan membantu anda menjadi lebih cepat kenyang. Studi lain mengatakan bahwa orang gemuk yang mengonsumsi makanan mengandung zinc menunjukkan penurunan berat badan.


Makanan kaya zinc yang perlu ditambahkan kedalam menu diet anda yaitu kacang polong dan makanan laut.




1 comment:

Ayo bertanya