STRATEGI BELAJAR BAHASA INGGRIS


Kadang masih suka bingung nggak,  kenapa orang - orang yang katanya belajar bahasa inggris secara otodidak itu kok bisa ya? Aku yang gini - gini aja bisa nggak? bisa kok, bisa.  Mungkin,  salah satu alasan ketidakpercayaan diri kamu itu yang menjadikan kamu tipekal orang yang kebanyakan mikir tapi telat ambil tindakan. Jadi,  mulai sekarang kamu dan aku eaaa,  maksudnya "kita" - yuk sama - sama belajar yakin sama diri kita sendiri.  

Jangan hanya terus - terusan ngeyakinin hatinya si doi, hehehe.  Kamu sendiri, sudah cukup yakin nggak?

Back to the topic, aku bakalan kasih beberapa kiat - kiat yang pastinya boleh banget buat kamu praktekin.


1. Baca tulisan berbahasa inggris

Coba cari topik yang kamu sukai, bisa berupa buku,  novel,  komik,  jurnal, website, blog, berita, dan lain sebagainya. Jangan malas baca ya!

2. Ikuti club belajar

Entah itu ekskul, ukm, organisasi, pokoknya temukan teman - teman yang sama - sama ingin belajar Bahasa Inggris.

3. Dengarkan lagu,  tonton film/ youtube/ TED/ BBC english listening

Selalu mulai dengan hal yang kamu sukai,  untuk membiasakan telinga nyaman dengan percakapan dalam bahasa inggris. Gunakan subtitle untuk membantu awal belajar Bahasa Inggris.  Kamu bisa gunakan aplikasi sejenis TED,  atau BBC english listening yang menyediakan bacaan yang bisa kamu dengarkan. 

4. Temukan lawan bicara/ berlatih dengan teman

Awalnya mungkin tidak hanya akan terasa sulit dan malu, mungkin kemudian akan tampak malu - maluin.., hehehe. Tapi percayalah,   adalah hal yang sangat wajar untuk tidak bisa langsung  sempurna pada latihan pertama. Kalian bisa sama - sama belajar dan berlatih pada topik tertentu.

5. Tulislah caption dalam Bahasa Inggris


Menulis caption singkat dalam Bahasa Inggris akan memaksa otak bekerja lebih aktif. Panjang tulisan dan tingkat kesulitan bisa disesuaikan dengan gaya belajar yang kamu lakukan. 

6. Bikin dictionary

Untuk menambah kekayaan vocabulary yang kamu ketahui, kamu dianjurkan untuk bikin kamus-mu sendiri ketika kamu menemukan kata - kata baru. Dengan cara ini kamu akan mudah mengingat kata - kata baru yang kamu temukan.

7. Ikuti kegiatan berbahasa inggris

Jangan ragu dan malu untuk mendaftarkan dirimu dalam sebuah seminar, talk-show, kuliah umum, dan kegiatan - kegiatan lainnya yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai pengantar. Di sana kamu akan menemukan teman - teman baru yang juga sedang berjuang mengasah kemampuan berbahasanya.

8. Kenali dan ikuti tes-tes umum

Kalau kamu benar - benar serius dan ingin tahu sejauh mana kemampuan berbahasa inggrismu, kamu boleh berlatih atau mengikuti tes - tes umumnya, misalnya TOEFL/ IELTS atau yang lainnya.

9. Gunakan sumber yang beragam

Jangan hanya mengandalkan satu atau dua media saja dalam melatih kemampuan berbahasamu, selain buku - buku cetak, kamu juga bisa search materi lainnya di google atau kamu bisa download aplikasi mobile lainnya yang tentunya bisa membantu kamu belajar lebih banyak.

2 comments:

  1. keren nih ane juga sering denger lagu b.inggris lumayan nambah score listening hehe

    ReplyDelete
  2. Waw sangat bermanfaat apalagi saya sedang belajar bahas inggris.

    ReplyDelete

Ayo bertanya