LAKUKAN KEBIASAAN ORANG-ORANG SUKSES


Dalam buku "Outliers" karya Malcolm Gladwell, beliau mengemukakan bahwa kisah sejati tentang kesuksesan benar-benar berbeda dengan apa yang biasanya kita baca, dan jika kita ingin tidak hanya sekedar tahu tetapi juga memahami bagaimana perjuangan orang-orang, kita seharusnya meluangkan waktu lebih banyak untuk mengamati ataupun mempelajari apa yang ada di sekeliling mereka, misalnya keluarga mereka, tempat lahir, atau bahkan tanggal lahir mereka. Kisah dibalik sebuah kesuksesan nyatanya jauh lebih rumit dan jauh lebih menarik-- ketimbang yang terlihat dari permukaannya saja.

Tidak hanya sebatas kecerdasan lahiriah yang tampak di permukaan, tetapi apa yang ada di sekeliling orang-orang sukses inilah yang menjadikan mereka tampak istimewa. Dalam buku "Outliers" saya dapat menyimpulkan secara sederhana, bahwa kesuksesan itu terdiri dari dua pertanyaan dasar.  Pertanyaan pertama,  siapa anda?  pertanyaan ini untuk menjelaskan latar belakang juga kesempatan apa yang tersedia untuk anda-- kemudian pertanyaan kedua,  apa yang anda lakukan? pertanyaan ini adalah kelanjutan dari pertanyaan pertama,  yaitu tentang bagaimana anda memanfaatkan kesempatan yang tersedia dan juga mengenai bagaimana anda bekerja keras. 

Pada tulisan ini,  saya akan lebih menjawab pertanyaan kedua-- terlepas dari siapa anda atau bagaimana latar belakang anda. 

Apa yang harus anda lakukan?


Tidak hanya sebatas terinspirasi oleh kisah-kisah orang sukses,  tetapi juga penting mengetahui bagaimana mereka menjalani kehidupan ini. Tidak ada hal yang benar-benar menjadi tips, tetapi selalu belajar dari pengalaman akan memberikan kita pandangan yang jauh lebih luas. Berikut beberapa hal yang perlu dibiasakan untuk sedikit melakukan langkah perubahan menuju sukses yang kita inginkan. 


1. Bangun tidur lebih awal

Ini adalah hal/ kebiasaan sederhana yang perlu kita pahami dengan benar. Saya pikir orang-orang tua kita sudah sangat sering mengingatkan tentang hal ini. 

2. Berolahraga

Ayo mulai luangkan waktu untuk berolahraga, karena kebanyakan orang sukses sudah berpikir jauh kedepan--mereka pastinya harus hidup lebih sehat karena memiliki banyak hal yang perlu mereka lakukan untuk mencapai kesuksesan. Kebiasaan ini sejatinya tidak semata-mata untuk menjadikan kita sukses,  tetapi kesadaran penuh bahwa kita tidak harus menunggu keinginan sukses datang kemudian kita memiliki cukup alasan untuk berolahraga.  Olahraga itu untuk diri kita sendiri,  agar kita tetap sehat dan bisa melakukan hal-hal yang ingin kita lakukan. 

3. Membuat renacana/ target & evaluasi

Cobalah untuk membuat schedule tentang apa yang ingin lakukan pada hari ini, atau apa yang harus kita kerjakan hari ini, kemudian kita melakukan evaluasi mengenai jadwal yang sudah kita rencanakan tersebut. 

4. Banyak bersilaturrahim & membangun relasi

Jangan hanya bekerja keras sendiri,  tetapi kita juga harus banyak bersilaturrahim dan membangun relasi. Ini juga merupakan poin penting yang tidak boleh kita abaikan. 

5. Baca buku 30 menit/ hari

Untuk menambah wawasan,  kita harus layaknya orang sukses yang selalu mencari tahu dan mau belajar.  Kebiasaan membaca buku 30 menit/ hari akan memberikan kita banyak manfaat juga kesadaran, bahwa sejatinya kita masih terlalu bodoh dan butuh banyak belajar lagi dan lagi. 


2 comments:

Ayo bertanya